Jumat, 19 Juli 2013

Kebutuhan Fisik Ibu Hamil Trimester I, II, III

A. OKSIGEN
Seorang ibu hamil sering mengeluh tentang rasa sesak dan pendek nafas. Hal ini disebabkan karena diafragma tertekan akibat membesarnya rahim. Kebutuhan oksigen meningkat 20 %. Ibu hamil sebaiknya tidak berada di tempat- tempat yang terlalu ramai dan penuh sesak, karena akan mengurangi masukan oksigen.
B. NUTRISI / GIZI
Kebutuhan gizi ibu hamil dengan bb normal
Kebutuhan energi pada kehamilan trimester I memerlukan tambahan 100 kkal/hari (menjadi 1.900 – 2000 kkal/hari). Ini berarti sama dengan menambah 1 potong (50 gr) daging sapi atau 2 buah apel dalam menu sehari. Selanjutnya pada trimester II dan III, tambahan energi yang dibutuhkan meningkat menjadi 300 kkal/hari, atau sama dengan mengkomsumsi tambahan 100 gr daging ayan atau minum 2 gelas susu sapi cair. Idealnya kenaikan bb sekitar 500 gr/minggu.



Kebutuhan makan ibu hamil dengan bb normal per hari
Nasi 6 porsi, sayuran 3 mangkuk, buah 4 potong, susu 2 gelas, daging ayam/ikan/telur 3 potong, lemak/minyak 5 sendok teh, gula 2 sendok makan.

1.   Kebutuhan gizi ibu hamil gemuk
Ibu hamil yang terlalu gemuk tak boleh mengkomsumsi makanan dalam jumlah sekaligus banyak. Sebaiknya berangsur – angsur, sehari menjadi 4 – 5 kali waktu makan. Penambahan energi untuk ibu hamil gemuk tidak boleh lebih dari 300 kkal/hari. Semestera penambahan berat badan tidak boleh lebih dari 3 kg/bulan atau 1 kg /minggu.
Makanan yang harus dikurangi adalah yang rasanya manis, gurih dan mengandung banyak lemak, seperti daging sapi, daging ayam dengan kulit, makanan berminyak dan sejenisnya. Daging boleh dikomsumsi 100 gr atau 1 potong besar/hari. Buah – buahan yang harus dibatasi adalah durian, nangka, advokad. Sedangkan untuk minyak paling banyak 20 gr/hari. Makanan yang kaya serat lainnya disarankan banyak dikomsumsi.



2.  Kebutuhan makan ibu hamil gemuk per hari
Nasi 2 gelas, sayuran 3 mangkuk, buah 4 potong, susu 4 sendok makan, telur 1 butir, daging  1 potong sedang, ikan 1 potong sedang, tahu 1 potong sedang, gula pasir 3 sendok makan, lemak/minyak 3 sendok teh, roti 2 iris.

3.   Kebutuhan gizi ibu hamil kurus
Pengaturan makanan bagi ibu hamil kurus  lebih sederhana. Yang harus diperhatikan adalah jumlah cairan yang terkandung dalam makanan. Air, baik air minum, jus atau makanan yang mengadung kadar air tinggi, selain mudah mengenyangkan juga memacing timbulnya rasa mual. Supaya kebutuhan ibu yang terlalu kurus tercukupi, disarankan mengkomsumsi makanan dengan sedikit kuah. Setelah makan, beri jeda ½ hingga 1 jam sebelum minum. Mengenai jenis dan jumlah makanan tidak ada pantangannya.

Kebutuhan makan ibu hamil kurus per hari
Nasi 4 gelas, sayuran 3 mangkuk, buah 1 potong, susu 9 sendok makan, telur 2 butir, daging  1 potong sedang, ayam 1 potong besar, ikan 1 potong sedang, tempe 3 potong sedang, tahu 1 potong sedang, gula pasir 5 sendok makan, lemak/minyak 5 sendok teh, roti 4 iris, biscuit 6 keping.
4. Makanan yang aman dikonsumsi
  • Hindari makan daging/ayam mentah dan setengah matang, cuci perlengkapan masak dan tangan sebersih mungkin setelah mengolah bahan tersebut.
  • Hindari ikan mentah seperti sushi
  • Hindari telur mentah dan makanan yang mengandung telur seperti mayones, Salmonella sering dijumpai pada telur, produk hasil ternak, dan daging mentah.
  • Masukkan ke kulkas semua makanan matang, makanan beku dan produk peternakan
  • Masak makanan siap saji atau hasil ternak siap makan sampai matang, jangan memakannya dalam keadaan dingin atau hangat
  • Jangan minum susu sapi, kambing atau biri – biri yang tidak dipasteurisasi
  • Cuci dengan seksama buah – buahan, sayuran dan salad
  • Buang makanan yang berjamur dan kentang yang sudah berakar.

C. PERSONAL HYGENE
Kebersihan diri selama kehamilan penting untuk dijaga oleh seorang ibu hamil. Personal hygene yang buruk dapat berdampak terhadap kesehatan ibu dan janin.
1.    Sebaiknya ibu hamil mandi, gosok gigi dan ganti pakaian minimal 2 kali sehari
2.    Menjaga kebersihan alat genital dan pakaian dalam
3.    Menjaga kebersihan payudara

D. PAKAIAN
Pakaian yang baik bagi wanita hamil adalah :
  1. Longgar, nyaman, dan mudah dikenakan
  2. Gunakan kutang/BH dengan ukuran sesuai ukuran payudara dan mampu menyangga seluruh payudara


  1. Untuk kasus kehamilan menggantung, perlu disangga dengan stagen atau kain bebat di bawah perut
  2. Tidak memakai sepatu tumit tinggi. Sepatu berhak rendah baik untuk punggung dan postur tubuh dan dapat mengurangi tekanan pada kaki.
E. ELIMINASI
Ibu hamil sering buang air kecil  terutama pada trimester I dan III kehamilan. Sementara frekuensi buang air  besar menurun akibat adanya konstipasi. Kebutuhan ibu hamil akan rasa nyaman terhadap masalah eliminasi juga perlu mendapat perhatian.
1.    Ibu hamil akan sering ke kamar mandi terutama saat malam sehingga mengganggu tidur, sebaiknya intake cairan sebelum tidur dikurangi
2.    Gunakan pembalut untuk mencegah pakaian dalam yang basah dan lembab sehingga memudahkan masuk kuman
3.    Setiap habis bab dan bak, cebok dengan baik

F. SEKSUAL
Wanita hamil dapat tetap melakukan hubungan seksual dengan suaminya sepanjang hubungan seksual tersebut tidak menganggu kehamilan. Ada beberapa tips untuk wanita hamil yang ingin berhubungan seksual dengan suaminya :
1.    Pilih posisi yang nyaman dan tidak menyebabkan nyeri bagi wanita hamil
2.    Sebaiknya gunakan kondom, karena prostaglandin yang terdapat dalam semen bisa menyebabkan kontraksi
3.    Lakukanlah dalam frekuensi yang wajar, + 2-3 kali seminggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar